SILABUS MATEMATIKA UNTUK SMP/MTS KELAS VII SEMESTER 1

Standar

Silabus PEMBELAJARAN

 

 

Sekolah                          : ……………………………

Kelas                              : VII (Tujuh)

Mata Pelajaran               : Matematika

Semester                        : I (satu)

BILANGAN

Standar Kompetensi : 1.  Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Contoh Instrumen

1.1     Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

 

 

Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah

 

Melakukan  diskusi tentang jenis-jenis bilangan bulat (pengulangan)

Menyebutkan bilangan bulat

Mengidentifikasikan besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan bulat.

  • Memberikan contoh bilangan bulat

 

 

 

Tes tertulis

Uraian

Tulislah 5 bilangan bulat yang lebih dari -3 dan kurang dari 10

 

1×40 menit

  • Buku teks
  • Garis bilangan
  • Termome-ter
  • Tangga rumah
  • Kue yang bulat
  • Lingkungan
  • Buah-buah-an
Membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
  • Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
Tes tertulis

Uraian

 

 

Letakkanlah bilangan -1, 0, dan 3 pada garis bilangan tersebut!

1×40 menit

Mendiskusikan cara melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi pada bilangan bulat termasuk operasi campuran

Mendiskusikan cara menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan bulat negatif dengan negatif dan positif dengan negatif

  • Melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran.

 

Tes tertulis

Uraian

A. Hitunglah

1. 4 + (-7) = .

2. -3 –(-8) =.

3. 8x(-12)=.

4. (-36):4=.

5. -4 + 7 x -2 = .

B. Sebuah kotak memuat 25 buah jeruk. Kalau ada 140 buah jeruk, berapa banyak kotak yang harus disediakan?

2×40 menit

  Mendiskusikan untuk menentukan kuadrat dan pangkat tiga, serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga.

 

  • Menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat.

 

Tes tertulis

Uraian

Berapakah

a. (-5)

b.  43

c.

d.

1×40 menit

 
Mendiskusikan jenis-jenis bilangan pecahan

Menyebutkan bilangan pecahan.

Membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan pecahan pada garis bilangan.

  • Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan :biasa, campuran desimal, persen.

 

Tes tertulis

Isian singkat

Tulislah beberapa contoh bilangan pecahan masing-masing dalam bentuk:

a. Pecahan biasa

b. Desimal

c. persen.

1×40 menit

Mendiskusikan bilangan pecahan senilai

Mendiskusikan cara mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.

  • Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.

 

 

 

  • Mengurutkan bilangan bentuk pecahan

 

Tes tertulis

Uraian

1. Ubahlah bilangan 1  dalam bentuk desimal dan persen

2. Ubahlah bilangan 0,75 dalam bentuk  persen dan pecahan biasa.

3. Urutkan pecahan berikut dari yang terkecil.  .

2×40 menit

Melakukan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan.

Menuliskan bentuk baku (misal amuba yang panjangnya 0,000001 mikron).

Mendiskusikan cara membulatkan bilangan pecahan sampai satu atau dua desimal.

  • Menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan termasuk operasi campuran.

 

Tes tertulis

Uraian

Hitunglah:

1. . 2,5  +  3,75 = .

2.  21,2  –  9,85 =

3. 1 ½  x  2/3 = .

4. ¾  :  ½  = .

5. 1,25 +1= .

4×40 menit

1.2     Menggunakan sifat-sifat opera-si hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pe-mecahan masalah. Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah

 

Melakukan diskusi tentang sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi pada bilangan bulat(pengulangan)

 

  • Menemukan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pada bilangan bulat.

 

Tes tertulis

Uraian

Isilah titik-titik berikut ini

1.     a. 9 + 6 =

b. 6 + 9 =

Jadi 9 + 6 = .+ .

Apa yang dapat kamu simpulkan.

2.     a. 3 x (5 x 4) =

b. (3 x 5) x 4 = .

Jadi 3 x (5 x 4) = (.x.) x .

Apa yang dapat kamu simpulkan.

2×40 menit

Buku teks, lingkungan
Menyelesaikan masalah  dengan menggunakan sifat-sifat penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, perpangkatan dan penarikan akar pada operasi campuran.
  • Menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pangkat dan akar pada operasi campuran  bilangan bulat

 

Tes tertulis

Uraian

Hasil dari:

=

 

2×40 menit

Melakukan diskusi  cara menggunakan operasi hitung tambah, kurang,  kali atau bagi dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan bulat

 

  • Menggunakan sifat-sifat operasi  bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

 

Tes tertulis

Uraian

Pada hari Sabtu Candra memberi kelereng pada Aan sebanyak 25 butir dan kepada Yudha 17 butir. Hari Minggu Candra memberi kelereng kepada Novan sebanyak 13 butir. Berapakah banyak semua kelereng yang diberikan Candra kepada Aan, Yudha, dan Novan?

2×40 menit

Melakukan diskusi  cara menggunakan operasi hitung tambah, kurang,  kali atau bagi dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan.
  • Menggunakan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang, kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari.

 

Tes tertulis

Uraian

Dalam sebuah karung beras ada 25 kg beras yang akan dibagikan kepada 10 orang. Berapa kg beras bagian dari masing-masing orang tersebut?

2×40 menit

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

 

 

Silabus PEMBELAJARAN

 

 

Sekolah                          : ……………………………

Kelas                              : VII (Tujuh)

Mata Pelajaran               : Matematika

Semester                        : I (satu)

ALJABAR

Standar Kompetensi: 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian   Kompetensi 

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Contoh Instrumen

2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur unsurnya

 

Bentuk aljabar

 

Mendiskusikan pengertian bentuk aljabar

 

Mendiskusikan tentang variabel, konstanta, koefisien,faktor, suku dan suku sejenis

 

  • Menjelaskan pengertian, koefisien, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.

 

Tes lisan

Daftar pertanyaan

1. Dari bentuk aljabar  2x + 3, manakah yang merupakan koefisien, variabel dan manakah yang merupakan konstanta?

2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan koefisien, variabel dan konstanta.

2×40 menit

Buku Teks, lingkungan
2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar Bentuk aljabar Melakukan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar.
  • ·Melakukan operasi hitung, tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar.

 

Tes tertulis

Uraian

Hitunglah:

1. 2x+3+ 5×-6

2. 4xy  2x

3. (4x)2 : 2x

4×40 menit

Buku teks, lingkungan
Menggunakan sifat operasi

hitung  untuk menyelesaikan

soal yang dinyatakan dalam

bentuk aljabar.

Melakukan operasi  hitung

pada pecahan biasa untuk

menyelesaikan pecahan aljabar

dengan penyebut satu suku

  • ·Menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal

 

Tes tertulis

Uraian

Suatu persegipanjang, panjang 2x cm, lebar 3x cm. Nyatakan luas dan kelilingnya dalam x.

2×40 menit

2.3.Menyele-saikan per-samaan linear satu variabel. Persamaan linear satu variabel. Mendiskusikan PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel

 

  • Menjelaskan PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel

Tes lisan

Daftar pertanyaan Manakah yang merupakah PLSV?

a.     2x = 5

b.     5y

c.     9g – 4 = 10

d.     6 – 5m = 2

e.     2x² = 18

1×40 menit

Buku teks
    Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari PLSV  dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan  bilangan yang sama

 

  • Menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah,dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama

 

Tes tertulis

Pilihan    ganda Manakah yang setara dengan

-5x + 2 = 4?

a. 5x – 2 = -4

b. 10x + 4 = 8

c. -10x – 4 = 8

d. 10x – 4 = -8

2×40 menit

 
Menyelesaikan PLSV untuk mencari penyelesaiannya

 

  • Menentukan penyelesaian PLSV
  • Menentukan penyelesaian PLSV dalam bentuk pecahan.

 

Tes tertulis

Uraian

Selesaikanlah persamaan berikut

a.                  5y – 12 = 8.

b.

2×40 menit

2.4 Menyele-saikan per-tidaksama-an linear satu variabel.

 

Pertidaksama- an linear satu variabel. Mendiskusikan pertidaksamaan linear satu variabel dalam berbagai bentuk dan variabel.

 

  • Menjelaskan PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel

 

Tes lisan

Daftar Pertanyaan Manakah yang merupakan PtLSV?

a.     3a + 5 > 2

b.     -4h + 4 ≤ 5

c.        8x -7 = 10

d.        5y ≥ 10

e.   3 > -5

1×40 menit

Buku teks, lingkungan
Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari PtLSV  dengan cara kedua ruas ditambah , dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama
  • Menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama.

 

Tes tertulis

 Plihan ganda Bentuk yang setara dengan 6x – 8 ≥ 10 adalah

a.        5x – 7 ≥ 9

b.        6x + 8 ≥ 10

c.        3x – 4 ≥ 5

d.        -3x + 4 ≥ -5

2×40 menit

Menyelesaikan PtLSV untuk mencari akar persamaan
  • Menentukan penyelesaian PtLSV

Tes tertulis

Uraian

Selesaikanlah  3m – 2 ≤ 10.

2×40 menit

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

 

 

Silabus PEMBELAJARAN

 

Sekolah                          : ……………………………

Kelas                              : VII (Tujuh)

Mata Pelajaran               : Matematika

Semester                        : I (satu)

Standar Kompetensi: 3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah.

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian   Kompetensi 

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Contoh Instrumen

3.1 Membuat ma-tematika dari masalah yang ber-kaitan dengan persamaan dan perti-daksama-an linear satu variabel. Persamaan dan pertidak-samaan linear satu variabel. Mendiskusikan matematika

Mengubah masalah ke dalam matematika berbentuk persamaan linear satu variabel

 

 

  • Mengubah masalah ke dalam matematika berbentuk persamaan linear satu variabel

 

Tes tertulis

 Uraian

sugi membeli 3 kg gula pasir. Dia membayar dengan selembar uang dua puluh ribuan dan menerima uang kembalian sebesar Rp3.500,00.

Nyatakanlah ke dalam matematika jika harga gula x rupiah setiap kg.

2×40 menit

Buku teks, lingkungan
Membuat matematika suatu masalah sehari-hari dalam bentuk pertidaksamaan linear satu variabel

 

  • Mengubah masalah kedalam matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel

Tes tertulis

 Uraian

Umur daryono 5 tahun mendatang lebih dari 20 tahun. Nyatakanlah ke dalam matematika, jika umur daryono x tahun.

 

1×40 menit

3.2 Menyele-saikan mo-del mate-matika dari masalah yang ber-kaitan dengan persamaan linear satu variabel. Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam matematika berbentuk persamaan linear satu variabel

 

  • Menyelesaikan matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel

 

 

Tes tertulis

Tes pilihan ganda

ijul membeli 2 buku. Uang ijul sepuluh ribuan, dan dia mendapat uang kembali sebesar Rp4.000,00. Harga 1 buku adalah

a.     Rp2.000,00

b.    Rp3.000,00

c.     Rp4.000,00

d.    Rp6.000,00

2×40 menit

Buku teks, lingkungan
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel

 

  • Menyelesaikan  matematika suatu masalah  yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel

 

Tes tertulis

Tes pilihan ganda

Umur dwi 3 tahun yang lalu kurang dari 25 tahun. Umur dwi sekarang:

A.       kurang dari 28 tahun

B.       28 tahun

C.       25 tahun

D.       22 tahun

2×40 menit

3.3 Menguna-kan konsep aljabar da-lam peme-cahan ma-salah arit-metika so-sial yang sederhana. Perbandingan dan aritmetika sosial. Melakukan simulasi kegiatan ekonomi sehari-hari (jual beli)

 

Mendiskusikan pengertian dan menghitung nilai keseluruhan,nilai per-unit,dan nilai sebagian.

  • Menghitung nilai keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai sebagian.

 

Tes tertulis

Uraian

Harga 1 lusin pensil adalah Rp18.000,00.

a.     Berapakah harga 1 buah pensil?

b.    Berapakah harga 5 buah pensil?

2×40 menit

Buku teks, uang, barang-barang yang biasa diper-jualbelikan, bank.
Mendiskusikan dan menghitung besar laba, persentase laba,rugi, harga jual, harga beli,rabat, dan bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi

 

  • Menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.

 

Tes tertulis

Tes pilihan ganda

Seorang pedagang, Pak Rifki menjual sebuah televisi seharga Rp1.650.000,00. Dari penjualan itu pak Rifki mengambil untung sebesar 10%.

Harga beli televisi itu adalah:

a.        Rp1.815.000,00

b.        Rp1.600.000,00

c.        Rp1.500.000,00

d.        Rp1.485.000,00

2×40 menit

3.4 Mengguna- kan per-bandingan untuk pe-mecahan masalah. Perbandingan Mendiskusikan pengertian skala sebagai suatu perbandingan.

Menyebutkan contoh-contoh gambar berskala.

  • Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan.

 

Tes tertulis

Uraian

Pada suatu peta tertulis:

skala 1 : 100.000.

Apakah arti skala 1 : 100.000 tersebut?

1×40 menit

Buku teks, peta, foto
Mengidentifikasi faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala.

Melakukan penghitungan faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala.

  • Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala.

 

Tes tertulis

Uraian

Suatu jalan yang panjangnya 5 km digambar sepanjang 5 cm. Berapakah faktor pengecilannya?

2×40 menit

 

 

  Mendiskusikan perbandingan seharga(senilai) dan  berbalik harga(nilai).

Menyebutkan contoh-contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai).

  • Memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)

 

Tes tulis

Uraian

Berilah contoh dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan:

a.        perbandingan senilai

b.        perbandingan berbalik nilai

2×40 menit

 
Menggunakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai) untuk menyelesaikan soal/ masalah sehari-hari

 

 

  • Menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)

 

Tes tertulis

Uraian

Pembangunan sebuah gedung memakan waktu 6 bulan jika dikerjakan oleh 100 orang. Kalau dikerjakan oleh 50 orang, maka waktu yang diperlukan untuk membangun gedung tersebut adalah

2×40 menit

Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Keterangan:

  Sesuai Standar Proses, pelaksanaan kegiatan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan,  inti, dan penutup. Dalam silabus ini pada kolom kegiatan pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.

 

Mengetahui,

Kepala SMP/MTs …………….

 

 

 

( ………………………………………………… )

NIP/NIK :…………..……………….

 

………, ……, …………… 20…

Guru Mapel Matematika.

 

 

 

( …………………………………….. )

NIP/NIK :…….…………….

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s